0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Satpol PP Siap Eksekusi Toko Berjejaring Ilegal

www.mattanews.com
Kepala Satpol PP Klaten, Slamet Widodo (www.mattanews.com)

Klaten —¬†Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Klaten sudah mendapatkan lampu hijau dari Bupati Klaten untuk menegakkan puluhan toko modern berjering yang tak mengantongi izin.

“Pekan lalu kami juga sudah menyajikan data itu ke Bupati kemudian hasil rekomendasinya juga sudah turun. Hasilnya, disepakati untuk menertibkan sesuai aturan pengajuan izin,” ujar Kasatpol PP Klaten Slamet Widodo, Kamis (25/2).

Dijelaskan, sebenarnya Klaten sudah memiliki payung hukum untuk melindungi pedagang kelontong dan pasar tradisional dari menjamurnya toko modern berjejaring. Hal itu tertuang dalam Perda nomor 12 tahun 2011 yang mengatur tentang jarak dan jam operasional toko berjejaring.

Adapun isi Perda menyebutkan, penataan dan pembinaan pasar tradisional, pusat perbelanjaan dan toko modern, jam buka toko berjejaring hanya sampai pukul 23.00 WIB untuk Senin hingga Jumat. Pukul 00.00 WIB pada akhir pekan dan pukul 02.00 WIB jika bertepatan dengan libur nasional atau keagamaan.

“Ketika ditertibkan ada kendala kalau toko berjejaring itu sudah berdiri sebelum Perda diterbitkan. Jadi prinsipnya kita minta dipending dulu operasionalnya sebelum kantongi izin. Namun masih ada juga yang nekat beroperasi, enggak hanya setahun terakhir, tapi ada juga yang empat tahun,” ungkap Slamet.

Disinggung soal pengawasan, kata dia, menjadi wewenang Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UMKM Klaten. Satpol PP hanya bertugas sebagai eksekutor setelah toko berjejaring bersangkutan diberikan surat peringatan (SP) sesuai SOP (standar operasional prosedur).

“Instansi pembina dan pengawasan adalah dari sana (Disperindagkop dan UMKM). Biasanya SOP-nya, SP satu dua tiga, yang tenggat waktunya tujuh hari, tujuh hari, dan tiga hari, baru kita eksekusi,” kata Slamet Widodo.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge