0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Satgas Raskin Karanganyar akan Diberi Bantuan

Stok beras di gudang Bulog (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Pemerintah Kabupaten Karanganyar berencana memberikan dana pemdampingan kepada satuan tugas (Satgas) pembagi Raskin di setiap desa. Langkah itu untuk menghindari terjadinya pungutan yang dilakukan Satgas kepada para penerima Raskin. Rencana itu pun disambut baik sejumlah pemerintah desa setempat.

”Saya sempat mendengar ada yang menarik pungutan untuk biaya antar. Agar hal ini tidak terjadi lagi, kami akan manganggarkan biaya untuk operasional Satgas Raskin,” kata Bupati Karanganyar Juliyatmono, Jumat (26/2).

Rencana itu memang belum dapat dilakukan tahun ini. Namun pihaknya berupaya akan memberikan dana tersebut itu tahun depan. Para satgas selama menjalankan tugasnya tanpa memiliki biaya operasional.  Namun, ada sebagian yang dibiayai oleh desa.

“Kepada asisten perekonomian, kami minta segera mengajukan anggaran, agar para Satgas dapat bekerja lebih baik lagi,” tandasnya.

Berdasarkan data, jumlah rumah tangga sasaran penerima manfaat Rastra di Kabupaten Karanganyar mencapai 51.638 keluarga. Dari jumlah itu paling banyak berada di Kecamatan Mojogedang, yakni 5.173 keluarga. Bupati juga meminta Gudang Bulog meningkatkan kualitas beras yang dibagikan.

”Bulog kembali saya minta untuk meningkatkan kualitas berasnya agar masyarakat bisa menerima manfaatnya secara maksimal,” terangnya.

Sementara itu, Asisten Perekonomian, Pembangunan, Kesejahteraan Rakyat, Siti Maesyaroh mengungkapkan, rencana itu mulai diwacanakan untuk dapat diterapkan tahun depan.

”Rencana akan kita ajukan tahun 2017,” terangnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge