0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Harga Perumahan di Jateng Naik Hingga 15 Persen

ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net – Pengembang properti berencana menaikkan harga rumah dalam waktu dekat. Hal ini dipicu oleh kenaikan harga tanah dan material produksi.

“Pada saat itu, kami juga akan segera menaikkan harga rumah, mengingat harga produksi juga pasti akan mengalami peningkatan,” kata Dewan Pengurus Daerah (DPD) Real Estate Indonesia (REI) Jawa Tengah, MR Prijanto, Jumat (26/2).

Sesuai dengan tren-tren sebelumnya, kenaikan harga untuk properti ini akan terjadi sekitar bulan Maret-April dengan besaran kenaikan di kisaran 10-15 persen.

“Secara rata-rata, kenaikan harga dalam waktu satu tahun ini di kisaran 10-15 persen. Kenaikan ini bisa dilakukan secara langsung pada kurun waktu Maret-April tersebut atau bisa juga dilakukan secara bertahap. Kebijakan ini tergantung dari masing-masing pengembang,” katanya.

Kenaikan harga material bukan satu-satunya faktor yang memicu kenaikan harga properti. Menurut dia, kenaikan harga tanah justru menjadi faktor utama yang berdampak pada kenaikan harga properti ini.

“Unsur harga tanah dari total unsur pembentuk harga properti mencapai 50 persen. Jadi ini justru yang menjadi faktor utama,” katanya.

Diakuinya, harga tanah sendiri mengalami kenaikan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Bahkan, dalam kurun waktu satu tahun kenaikan harga tanah bisa mencapai 100-200 persen.

“Seperti contoh, untuk di Kota Semarang pengembang sudah sulit mendapatkan tanah dengan harga di bawah Rp 100 ribu/m2. Dengan begitu, pembangunan rumah sederhana tidak bisa dilakukan di Kota Semarang,” katanya.

Padahal, pada tahun sebelumnya, harga tersebut masih berlaku meskipun sudah di kawasan pinggiran Kota Semarang.

“Sekarang kalau ingin membuat rumah di Kota Semarang minimal harga tanah di kisaran Rp 200 ribu/m2. Harga ini masuk kalau untuk pembangunan rumah menengah, tetapi untuk rumah sederhana sudah tidak bisa,” katanya.

[idr]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge