0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Simulasi UNBK, Antisipasi jika Listrik Tiba-Tiba Mati

dok.timlo.net/tyo eka
Sekretaris Dikpora Solo, Aryo Widyandoko (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Beberapa pekan belakang ini di Solo sedang diselenggarakan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2016 untuk jenjang SMP.

“Untuk masing-masing sekolah berbeda jadwalnya. Sejumlah sekolah yang sudah menyelenggarakan simulasi, dan berjalan berjalan lancar,” ungkap Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) kota Solo, Aryo Widyandoko kepada wartawan, di Kantor Dinas Dikpora kota Solo, Jumat (26/2).

Menurut Aryo, simulasi dilakukan antara lain untuk mengkondisikan suasana ruang ujian layaknya saat UN berlangsung. Termasuk mensinkronikan server sekolah dengan server pusat, pengunduhan soal-soal UN, hingga pemadaman listrik di sekolah saat ujian berlangsung.

Bahkan simulasi terkait pengkondisian jika tiba-tiba listrik padam, bagaimana cara mengatasi jika persoalan tersebut terjadi saat ujian nanti. Ini sebagai antisipasi agar jika ada masalah teknis saat UN berlangsung nanti bisa tertangani segera sehingga tidak mengganggu konsentrasi siswa.

Terkait sarana dan prasarana UNBK, menurut Aryo, berbeda untuk setiap sekolah. Ada sekolah yang sudah benar-benar lengkap ketersediaan sarana dan prasarananya. Namun ada pula yang melengkapi sarana dan prasarana tersebut dengan meminjam atau juga pengadaan oleh sekolah terkait. Namun menurutnya hal itu tidak masalah.

Terpisah, Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMPN 12 Solo, Liestyani Dhamayanti, mengatakan, simulasi UNBK dilangsungkan di sekolah tersebut, Senin-Kamis (22-25/2).

Kendati pada hari pertama aliran listrik tidak stabil, sehingga sempat ada beberapa komputer mati. Namun masalah tersebut teratasi dengan laptop cadangan. Namun secara umum, menurut Liestyani, simulasi UNBK di SMPN 12 berlangsung lancar dan baik.

“Sayangnya, soal yang diujikan saat simulasi UNBK tersebut masih menggunakan materi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Padahal, SMPN 12 sudah menerapkan Kurikulum 2013 (K13),” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge