0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Terowongan Bawah Air Akan Dibangun di Palembang

dok.merdeka.com
Jembatan Ampera di Palembang, Sumsel (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) III berencana membangun immersed tunnel atau terowongan bawah air di Sungai Musi Palembang. Jika terwujud, terowongan ini merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia.

Kepala BBPJN III Thomas Setiabudi Aden mengungkapkan, terowongan tersebut rencananya berada di lingkar luar Palembang yang menghubungkan seberang ulu dan ilir dengan nama Jembatan Musi VII. Awalnya, jembatan itu berbentuk biasa di atas air.

“Ada perubahan, jenis Jembatan Musi VII dengan terowongan bawah air, istilahnya immersed tunnel,” ungkap Thomas, Kamis (25/2).

Menurut dia, immersed tunnel ini akan menjadi yang pertama dibangun di Indonesia. Negara yang lebih dulu membangunnya seperti Skotlandia, Perancis, dan Australia. Saat ini, prosesnya memasuki pembahasan pemanfaatan desain oleh tenaga ahli.

“Jika terealisasi ini yang pertama di Indonesia, ada terowongan bawah air,” ujarnya.

Pembangunan terowongan tersebut bertujuan menjadi alternatif jalan tol sehingga pengendara yang akan melintasi Palembang tidak melalui tengah kota. Apalagi, kondisi jalan metropolis Palembang sudah cukup sesak dan dibutuhkan jalan alternatif.

“Bisa dipilih sesuai kondisi, kebermanfaatan, serta mana yang lebih murah tergantung tempatnya. Palembang punya visi nantinya bisa seperti Sidney atau Seoul dalam jaringan jalannya,” tegasnya.

[cob]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge