0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kismantoro Masih Masuk Daftar Zona Merah Kemiskinan

Wonogiri — Kecamatan Kismantoro merupakan salah satu kecamatan yang masih masuk dalam zona merah kemiskinan. Pemkab Wonogiri siap menangani kondisi tersebut dengan berbagai upaya.

“Ada sekitar 4.873 keluarga miskin di Kismantoro ini,” ungkap Camat Kismantoro, Joko Purwidyatmo, Kamis (25/2).

Menurutnya, jumlah total keluarga di Kismantoro ada sebanyak 11.121 keluarga. Dari jumlah tersebut, 4. 873 keluarga di antaranya masuk keluarga miskin.

“Data itu berdasarkan versi pendataan BPS 2011. Sedangkan untuk keberadaan rumah tangga tak layak huni (RTLH) sebanyak 3.601 rumah, ” jelasnya.

Dikatakan, jumlah RTLH saat ini sudah berkurang. Sebab pada dua tahun lalu jumlah RTLH menjapai 4.591 rumah. Jumlah tersebut telah terkurangi oleh pelaksanaan program bantuan dari pemerintah pusat, pemerintah kabupaten dan pemanfaatan dana desa.

“Penyebabnya, adalah belum terpenuhinya infrastruktur dan pola pikir masyarakat yang masih rendah. Untuk itu kami terus mengupayakan adanya program pemberdayaan masyarakat melalui bantuan pemerintah. Kami juga mendorong penggunaan dana desa untuk pemberdayaan masyarakat. Diantaranya melalui pelatihan, mengaktifkan kelompok-kelompok masyarakat dan sebagainya,” katanya.

Ditambahkan, selain masalah kemiskinan, masalah kesehatan masyarakat Kismantoro juga cukup memprihatinkan. Bahkan, adanya faktor penyakit keturunan, dan juga penyakit kekurangan gizi.

“Ada sekitar 172 warga yang mengalami disabilitas, delapan orang mengalami down sindrom, lima orang melangalami hidrosepalus, 110 orang mengalami cacat ganda dan 70 orang mengalami cacat fisik. Serta ada beberapa warga yang mengalami gangguan jiwa dan kretin,” tambahnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge