0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Solo Bakal Terapkan Keamanan dan Ketahanan Bencana Terpadu

dok.timlo.net/achmad khalik
Kapolresta Solo, Kombes Pol Ahmad Lutfi (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Kota Bengawan akan menjadi proyek percontohan sistem keamanan dan ketahanan bencana terpadu di Indonesia. Proyek ini masih dalam tahap persiapan, dan pengumpulan data serta pemetaan medan.

“Saat ini masih tahap mengumpulkan Standar Operasional Prosedur (SOP) dari pihak-pihak yang akan tergabung dalam tim ini,” ungkap Kapolresta Solo, Kombes Pol Achmad Lutfi, Kamis (25/2).

Tim yang akan bergabung diantaranya adalah PMI, Polri, TNI, BPBD, SAR, dan elemen masyarakat. Nantinya tim ini akan saling terintegrasi dengan hotline yang bisa dihubungi masyarakat di nomor 110.

Tim ini disebut-sebut akan mengadopsi sistem 911 dan akan menjadi yang pertama kali di Indonesia. Sebab, beberapa waktu yang lalu Polresta Solo, pernah bekerjasama dengan tim ahli dari luar negeri,seperti Columbia, Canada, dan Malaysia.

“Selama ini belum ada yang mencoba untuk membuat sistem yang bisa terintegrasi semacam ini. Ini satu-satunya di Indonesia,” katanya.

Sistem keamanan terpadu ini diperlukan guna mengantisipasi tindak kejahatan, maupun bencana alam yang kemungkinan terjadi di kawasan Solo dan sekitarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

KEMBALI KE ATAS badge