0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kajari : Sistem Penanganan Perkara Anak Lebih Khusus

Kajari Wonogiri Tri Ari Mulyanta (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Banyaknya kasus kejahatan, pelecehan seksual dan kekerasan pada anak, membuat pemerintah telah memberikan perlakuan hukum khusus. Terlepas dari itu, perihal menejemen penanganan perkara anak sudah sesuai dengan SOP. Bahkan jaksa yang mengurusi tentang anak pun memiliki pendidikan khusus dan jiwa atensi terhadap anak.

“Sebenarnya UUPA itu adalah ultimum remedium (sarana terakhir-red), karena mengingat anak merupakan salah satu aset bangsa,” ungkap Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Wonogiri, Tri Ari Mulyanta, Kamis (25/2).

Menurutnya, penanganan perkara anak memang lebih khusus dibandingkan penangan perkara orang dewasa. Namun demikian, hukum tetap berlaku untuk semuanya.

“Khusus perkara anak kita sediakan ruang khusus yakni diversi. Jadi tidak perlu diputuskan dipengadilan, kita yang akan memintakan putusan pengadilan bahwa anak berhak mendapat diversi,” jelasnya.

Disisi lain, kata Kajari, kolaborasi Pidum dan Intel membuat Bimbingan Konseling. Upaya ini merupakan salah satu cara untuk memberi kekuatan kepada anak dalam menghadapi perkara. Tentunya, kita melibatkan jasa MUI dan psikiater.

“Dengan diversi tercapai, maka perkara anak selesai. Sehingga tercapai Justice for all, adil bukan hanya untuk korban adil juga untuk pelaku dan semua masyarakat,” katanya.

Kajari menambahkan, ada tiga perkara yang menurutnya merupakan perkara tersulit dan memerlukan energi luar biasa. Diantaranya yakni perkara anak-anak, Ibu (perempuan) dan juga korupsi. Dia juga menyebut, jika selama ini sistem penghukuman terhadap anak, belum sempurna. Kemudian terkait soal bimbingan konseling dalam hal ini BAPAS juga belum sempurna.

“Menghukum seseorang bukan untuk balas dendam dan menyelesaikan masalah, aku menghukum kamu bukan karena kamu mencuri kuda, tapi aku menghukum kamu agar kuda-kuda yang lain tidak dicuri,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge