0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sentuh Coyudan, Penataan Koridor Gatsu Dikerjakan Mei

Solo – Penataan koridor Jalan Gatot Subroto (Gatsu) yang mulai dikerjakan tahun ini bakal menyentuh kawasan pertokoan Coyudan. Perluasan itu lantaran setelah dilakukan review Detail Enginering Design (DED) masih terdapat sisa anggaran sekitar Rp 3 Miliar.

“Pemprov (Pemerintah Provinsi) mengucurkan anggaran Rp15 Miliar untuk penataan Jl Gatot Subroto. Berdasar hitungan kebutuhan yang kami buat, penataan butuh Rp 12 Miliar. Jadi, karena ada sisa anggaran Rp 3 Miliar, kami putuskan melanjutkan penataan hingga ke koridor Coyudan,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Solo Endah Sitaresmi kepada wartawan, Kamis (25/2).

Sita menjelaskan proyek penataan koridor Gatsu diperkirakan mulai dikerjakan Mei mendatang. Saat ini, DPU tengah mereview DED sehubungan dengan dilakukannya perluasan penataan hingga kawasan Coyudan. Namun, penataan di Coyudan nantinya tidak akan keseluruhan. Penataan di Coyudan disesuaikan dengan ketersediaan anggaran.

Sita menambahkan, penataan Gatsu meliputi pembangunan kawasan pedestrian, street furniture dan perbaikan drainase. Proyek penataan juga menyentuh penataan kabel listrik dan telepon bawah tanah. Namun, dalam penataan ini, DPU hanya menyiapkan jalur kabel bawah tanahnya saja.

“Kami hanya menyiapkan rumahnya saja. Kalau pemindahan jaringannya akan dilakukan PLN dan Telkom sendiri karena biayanya cukup besar,” ujar dia.

Sita melanjutkan, selain melakukan koordinasi dengan instansi lain seperti PLN dan Telkom, DPU juga melakukan koordinasi dengan Dinas Pengelola Pasar (DPP). Koordinasi itu menyangkut pemindahan PKL di kawasan tersebut selama proyek dikerjakan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge