0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Deklarasi Ciamis Hasilkan 3 Tuntutan untuk Menpora

dok.timlo.net/aryo yusri atmaja
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi (dok.timlo.net/aryo yusri atmaja)

Solo — Sejumlah 49 perwakilan klub kasta Divisi Utama menggelar pertemuan di Ciamis, Jawa Barat, Kamis (25/2). Pertemuan ini pun menghasilkan sejumlah poin yang dinamakan “Deklarasi Ciamis”, yakni berisi tiga tuntutan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, agar hiruk-pikuk sepak bola Indonesia kembali hidup.

Ketiga isi Deklarasi Ciamis adalah menuntut kepada Menpora untuk segera mencabut pembekuan terhadap PSSI dan menyatakan terimakasih kepada Presiden RI Jokowi yang telah menginstruksikan pencabutan pembekuan PSSI. Menuntut untuk segera dilakukan reformasi total tata kelola sepak bola Indonesia berdasarkan statuta FIFA.

Terakhir adalah menuntut segera berjalannya kompetisi di semua divisi (tidak terus menerus menggelar turnamen). Seluruh kompetisi ini harus mendapat dukungan sumber daya yang adil, tidak hanya terfokus pada kompetisi level tertinggi saja.

Perwakilan dari klub Persis Solo, Sapto Joko Purwadi menuturkan, seluruh peserta pertemuan di Ciamis sepakat agar nasib klub Divisi Utama harus ikut dipikirkan. Sejauh ini hanya tim kasta tertinggi (ISL) yang mendapatkan perhatian lebih dibandingkan Divisi Utama.

“Kompetisi harus segera digulirkan, bukan turnamen-turnamen yang hanya menghibur rakyat. Semua kompetisi harus diperlakukan sama,” beber Sapto saat dihubungi wartawan, Kamis siang.

Hasil pertemuan di Ciamis ini rencananya akan dibawa dalam pertemuan di Jakarta, Jumat (26/2) besok. Tim-tim Divisi Utama diundang oleh operator kompetisi Liga Indonesia, terkait rencana menggulirkan kompetisi.

“Hasil kesepatan tadi, bahwa keputusan ini tidak memihak PSSI ataupun Kemenpora. Karena penyelenggaraan pertemuan klub ini sifatnya independen, tidak ada PSSI atau Menpora di belakangnya,” imbuh Sapto.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge