0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UNS Siap Laksanakan SBMPTN Berbasis Komputer

dok.timlo.net/tyo eka
Rektor UNS, Prof Dr Ravik Karsidi MS (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Universitas Sebelas Maret (UNS) menyatakan telah siap melaksana Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) berbasis komputer pada tahun 2016 ini.

“Untuk kepastian pelaksanaan seleksi bagi perguruan tinggi negeri berbasis komputer akan ditentukan rapat pleno para perguruan tinggi negeri, hari Minggu tanggal 28 Februari 2016 mendatang,” ungkap Rektor UNS, Prof Dr Ravik Karsidi MS kepada Timlo.net di Rektorat UNS, Solo, Kamis (25/2).

Namun demikian, kata Ravik, ke depan semua test seleksi, khususnya masuk perguruan tinggi negeri sudah menggunakan komputer (CBT). Karena tahun 2016 ini Kementerian Riset Dikti membuat investasi terkait seleksi berbasis komputer tersebut. Sehingga tahun depannya sedikit banyak telah lebih efisien.

“Hanya saja tahun 2016 ini diharapkan seleksi telah dijalankan minimal bagi 10.000 peserta yang ikut seleksi di sejumlah perguruan tinggi negeri yang siap,” jelasnya.

Menurut Ravik, penggunaan seleksi melalui CBT lebih efektif dan efisien, dan terhindar dari kebocoran atau kecurangan. Karena setiap orang dengan komputer berbeda meski berdampingan, soal yang digarap saling berbeda.

Sejauh ini, menurut Ravik, UNS telah siap dengan perangkat komputer yang telah dipunyai yang sekarang ini dipakai untuk uji kompetensi dokter. Saat ini minimal ada sekitar 100 unit komputer yang dipakai uji kompetensi dokter. Jumlah sebanyak itu merupakan modal awal untuk seleksi CBT tersebut.

“Tidak semua perguruan tinggi mampu seperti itu, dan UNS bisa,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge