0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Potensi Zakat PNS Wonogiri Capai Rp 16 Miliar per Tahun

dok.timlo.net/agung widodo
(Ilustrasi) PNS (dok.timlo.net/agung widodo)

Wonogiri — ‪Penerimaan zakat dari kalangan pegawai negeri sipil (PNS) yang ada di Wonogiri masih bisa dioptimalkan. Sebab, dari potensi Rp 16 miliar, tahun 2015 lalu baru bisa terkumpul Rp 2,2 miliar.

“Kalau mau sadar, potensi zakat, infak, dan sedekah dari kalangan PNS kita ini sangat luar biasa. Saya yakin dengan pengoptimalan zakat maupun infaq PNS, masyarakat Wonogiri ini akan menjadi lebih baik, “ tegas Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekda sekaligus Sekretaris Baznas Wonogiri, Maryanto, Kamis (25/2).

Berdasarkan data pertanggungjawaban Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Wonogiri tahun 2015, Maryanto mengatakan, jumlah gaji PNS se-Wonogiri mencapai Rp 840 miliar per tahunnya. Jika mereka mempunyai kesadaran yang tinggi untuk membantu saudara-saudara yang membutuhkan, permasalahan rumah tak layak huni (RTLH) bisa teratasi. Yakni melalui pos zakat, dengan perhitungan PNS muslim dikenai 2,5 persen dari gaji per bulannya.

“Tapi itu tergantung pribadi mereka dan kesadaran mereka tentang zakat,” katanya.

Dikatakan, setelah dijumlah total potensi zakat di Wonogiri khusus PNS, ternyata lanjut Maryanto, tercapai angka besar. Yakni terkumpul dana sebesar Rp 16 miliar.

“Dengan jumlah sebesar itu, maka permasalahan RTLH bisa teratasi. Jumlah RTLH saat ini sekitar 40 ribuan, kalau setiap tahun ada dana zakat Rp 16 miliar, ditambah bantuan lain, dalam lima tahun bisa menutup semua itu,” katanya.

Pihaknya meminta para PNS lebih sadar dalam menyisihkan sebagian kecil rejekinya. Mengingat berbagi tidak akan membuat harta berkurang, justru semakin menambah kelancaran rejeki.

Sementara itu, berdasarkan hasil laporan pertanggungjawaban Baznas Wonogiri tahun 2015 terhimpun dana ZIS (zakat, infaq, shodaqoh) sebesar Rp 2,2 miliar. Dana tersebut dihimpun dari PNS yang berada di bawah naungan Pemkab Wonogiri plus pemasukan lainnya.‬

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge