0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Prof Dr Yunastiti Purwaningsih Guru Besar UNS ke-176

Prof Dr Yunastiti Purwaningsih MP dikukuhkan sebagai Guru Besar UNS (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Prof Dr Yunastiti Purwaningsih MP dikukuhkan sebagai Guru Besar Universitas Sebelas Maret ke-176 atau Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis ke-11 pada Sidang Senat Terbuka UNS, di Auditorium UNS, Solo, Kamis (25/2).

Dalam pidato pengukuhan yang berjudul “Pangan Untuk Rakyat: Suatu Ihtiar Survivalitas Pangan Dalam Era Globalisasi”, Yunastiti mengatakan, kestabilan harga pangan merupakan determinan utama dari aksesisibiltas masyarakat akan pangan, oleh karena itu upaya pengendalian inflasi oleh stakeholder adalah penting.

“Tetapi juga perlu diperhitungkan agar nilai tukar pangan terhadap produk lainnnya jangan timpang,” jelas Yunastiti.

Ketimpangan nilai tukar pangan, munuru Yunastiti, hanya akan berdampak pada lemahnya kekuatan beli para petani penghasil pangan rakyat. Di sisi lain perlu kiranya pemerintah dan swasta secara bersama-sama mereformasi ketimpangan upah/gaji dengan jalan memberikan insentif kepada rakyat/pekerja yang memang daya belinya rendah karena rendahnya upah, atau meregulasi ketentuan pengupahan yang lebih proporsional.

Seiring dengan bergesernya pola makan di luar rumah yang ditunjukkan dengan kecenderungan pola konsumsi makanan jadi, menurut Yunastiti, keamanan pangan menjadi aspek yang penting dalam pangan rakyat.

Yunastiti menyatakan, pemerintah harus senantiasa mengawasi dan mengontrol terhadap makanan jajanan agar bebas dari kemungkinan cemaran biologis, kimia dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan dan membahayakan keadaan manusia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge