0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ngaku Anggota Densus, Pecatan Polisi Tipu Janda Rp 10 Juta

dok.timlo.net/aditya wijaya
Dody Yanu Irwan (mengenakan sebo) saat gelar perkara di Mapolres Klaten (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Mengaku sebagai anggota Polri, Dody Yanu Irawan (27) berhasil memikat seorang janda berusia 40 tahun, ML, asal Desa Pluneng, Kecamatan Kebonarum, Klaten. Dody menjanjikan menikahi korban dan meminjam uang hingga Rp 10 juta.

“Saat perkenalan pertama kali pada akhir Desember 2015, saya spontan mengaku anggota Densus,” ujar Dody dalam gelar perkara di Mapolres Klaten, Kamis (25/2).

Seiring berjalannya waktu, keduanya akhirnya menjalin hubungan. Namun karena Warga Dukuh Bakung, Desa Bakung, Kecamatan Jogonalan, Klaten itu terlilit ekonomi, dia pun meminjam uang kepada korban.

“Setelah berpacaran, saya pinjam uang secara bertahap dari Rp 200 ribu – Rp 300 ribu, hingga yang paling banyak Rp 3 juta. Tapi kata korban, totalnya sudah mencapai Rp 10 juta. Rencananya bulan Maret nanti akan saya nikahi,” ucapnya.

Dibalik tubuhnya yang gempal dengan perawakan ala petugas, ternyata pelaku merupakan desersi Polri. Ia mengaku pernah bertugas di Satuan Lalu lintas Polres Gunung Kidul selama enam tahun. Tapi pada 2009, ia dicopot lantaran meninggalkan tugas selama 30 hari berturut-turut.

Sementara itu, Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Klaten AKP Farial M Ginting menjelaskan, pelaku ditangkap petugas Polsek Kebonarum saat berada di rumah korban pada Rabu (24/2) kemarin. Selain mengamankan tersangka, pihaknya juga menyita celana jeans hitam dan kaos hitam baru yang merupakan hasil dari pembelian uang Rp 10 juta itu.

“Pelaku dijerat pasal 378 tentang Penipuan dengan ancaman hukuman maksimal 4 tahun penjara,” tandas AKP Farial.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge