0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

FP UNS dan Bakorluh Jateng Tandatangani Kerjasama

dok.timlo.net/tyo eka
Rektor UNS, Prof Dr Ravik Karsidi MS (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo – Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Badan Koordinasi Penyuluhan (Bakorluh) Propinsi Jawa Tengah menandatangani kerjasama membentuk Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Penyuluh Bidang Pertanian, di Aula Fakultas Pertanian UNS, Solo, Rabu (24/2).

“Lembaga Sertifikasi Profesi Penyuluh Bidang Pertanian akan menjadi pusat sertifikasi bagi kalangan penyuluh swadaya atau penyuluh mandiri,” jelas Rektor UNS, Prof Dr Ravik Karsidi, MS kepada wartawan, di Kampus Fakultas Pertanian UNS, Solo.

Dikatakan, pembentukan LSP Penyuluh tersebut merupakan salah satu bentuk kerja sama yang dijalin UNS dengan Bakorluh Provinsi Jawa Tengah, di bawah lisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Tahap awal sertifikasi penyuluh oleh LSP Penyuluh, akan menyasar para penyuluh swadaya atau penyuluh mandiri di wilayah Jawa Tengah.

Menurut Ravik, sekarang terdapat penyuluh pertanian PNS dan penyuluh non-PNS yang disebut dengan penyuluh swadaya atau penyuluh mandiri. Untuk tahap awal sertifikasi penyuluh tersebut nantinya menyasar pada penyuluh-penyuluh non-PNS tersebut. Penyuluh swadaya bisa dari aktivis lembaga swadaya masyarakat (LSM), atau tokoh masyarakat.

“Mereka walaupun mandiri kan tetap dapat semacam insentif dari Bakorluh Provinsi Jawa Tengah. Dalam waktu dekat sudah bisa terlaksana,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge