0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Imunisasi Polio Serentak, Catat Tanggalnya

timlo.net/daryono
Efi S Pertiwi menunjukkan brosur pelan imunisasi nasional polio (timlo.net/daryono)

Solo – Bagi anda yang memiliki balita usia 0-59 bulan diwajibkan mengikuti Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio yang dilakukan 8-15 Maret 2016. Imuniasasi polio secara serentak ini untuk memastikan Indonesia terbebas dari penyakit polio.

“Imunisasi polio ini tanpa memandang status. Kalau sebelum tanggal 8 Maret itu sudah imunisasi polio, tanggal 8 Maret ikut imunisasi polio lagi tidak masalah. Jadi, secara kesehatan tidak apa-apa dobel imunisasi,” kata Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Efi S Pertiwi kepada wartawan, Rabu (24/2).

Efi mengungkapkan, imunisasi polio serentak ini dilakukan di tiap-tiap posyandu. Diharapkan, para orang tua yang memiliki balita usia 0-59 bulan untuk membawa balita mereka ke posyandu guna diberikan imunisasi. Imunisasi dengan cara tetes ini dilakukan secara gratis.

“Indonesia sendiri sebenarnya sudah mendapat sertifikasi bebas polio. Hanya terkadang imunisasi polio ini tidak merata. Dengan dilakukan serentak diharapkan tingkat populasi kekebalan diatas 95 persen,” ujar dia.

Efi menambahkan, di Solo, imuniasi polio secara serentak akan menyasar sekitar 35.000 anak-anak. DKK sudah menyebar spanduk dan pamflet di setiap posyandu.

“Kami harap para orang tua membawa anaknya untuk imunisasi. Meski Solo sudah tidak ada lagi kasus penyakit polio,” ungkap dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge