0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UN Terapkan Pengawasan Silang

dok.timlo.net/tyo eka
Sekretaris Dikpora Solo, Aryo Widyandoko (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Solo menyatakan, bakal menerapkan pengawasan silang pada penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) 2015/2016.

“Penerapan silang akan berlaku baik untuk sekolah pelaksana ujian berbasis komputer (UNBK) maupun sekolah pelaksana ujian berbasis kertas,” ungkap Sekretaris Dinas Dikpora Kota Solo, Aryo Widyandoko kepada Timlo.net, Rabu (24/2).

Namun khusus di sekolah pelaksana UNBK, selain pengawas, masing-masing ruang ujian akan ada satu proktor. Artinya meskipun sudah ada proktor di masing-masing ruang, dalam pelaksanaan UN nantinya tetap ditempatkan pengawas.

Aryo mengatakan, pengawasan dengan sistem silang, artinya pengawas di satu sekolah berasal dari sekolah lainnya. Untuk sekolah pelaksana UNBK, pengawasnya juga dari sekolah pelaksana UNBK lainnya.

Ketentuan dalam Standar Operasional Standar (POS) UN 2015/2016, pengawasan dilakukan secara silang, tidak ada pengawas ruangan yang mengawasi sekolahnya sendiri. Pengawas ruang harus dalam keadaan sehat dan sanggup mengawasi UN dengan baik. Pengawas ruang adalah guru yang mata pelajarannya tidak sedang diujikan dan pengawas ruang dalam satu sekolah berasal lebih dari satu sekolah.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge