0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pendidikan Disiplin Berlalulintas Masuk Kurikulum Sekolah

dok.timlo.net/heru murdhani
Kasi Dikmas Ditlantas Polda Jateng, Kompol Indra Waspada (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Tingginya tingkat kecelakaan lalu lintas, selain disebabkan oleh kelalaian pengendara, juga dikarenakan pelanggaran dan kurang disiplinnya para pengguna jalan. Hal ini membuat Ditlantas Polda Jateng memprakarsai masuknya pendidikan disiplin berlalulintas ke dalam kurikulum sekolah.

“Mulai dari tingkatan SD, SMP, hingga SMA, semuanya akan mendapatkan pelajaran tentang disiplin berlalulintas, dengan disesuaikan jenjang pendidikan masing-masing sekolah. Pendidikan ini akan dimasukkan dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan,” ungkap Kapolresta Solo Kombespol Achmad Lutfi, Rabu (24/2) saat membuka acara Polisi Sahabat Anak, di Mako II Polresta Solo.

Alasannya, adalah pendidikan disiplin berlalulintas ini harus ditanamkan kepada anak-anak semenjak dini. Supaya anak bisa mengerti dan memahami peraturan, baik itu rambu, maupun etika berkendara dengan benar.

“Bahkan kalau anak ini sudah disiplin, dia bisa mengingatkan orang tuanya sendiri, misal kalau menghantar sekolah tidak mengenakan helm atau memasang sabuk keselamatan, tentu dengan begitu orang tua jadi malu dan akhirnya menjadi sadar, dengan jumlah siswa yang banyak akan bisa mempengaruhi banyak orang juga,” papar Kapolresta.

Dijelaskan, Polda Jateng telah menyusun buku modul pembelajaran yang akan diujicobakan ke sekolah pada 8 Maret 2016 mendatang. Modul ini akan berisi pelajaran tentang rambu, alat keselamatan, dan isyarat pengaturan lalu lintas.

Sementara, Kasi Dikmas Ditlantas Polda Jateng, Kompol Indra Waspada mengatakan, ada 8 orang yang ditunjuk untuk menyusun modul tersebut. Modul ini akan disesuaikan dengan tingkatan pendidikan yang akan dituju.

“Tentu beda untuk tingkatan sekolah SD, SMP, maupun SMA. Kita sesuaikanlah. Yang jelas supaya anak bisa belajar dan mengerti pentingnya disiplin berlalulintas,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge