0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UNS Canangkan One Students Five Trees

dok.timlo.net/tyo eka
Penanaman pohon di Kampus UNS (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Universitas Sebelas Maret (UNS) mencanangkan One Students Five Trees untuk penghijauan kampus. Pencanangan penghijauan kampus diwujudkan secara simbolik penanaman bibit pohon oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) di area Fakultas Pertanian UNS, Kentingan Solo, Rabu (24/2).

Penanaman pohon oleh Gubernur Jateng dan Rektor UNS merupakan pencanangan penghijauan kampus One Students Five Trees,” jelas Dekan Fakultas Pertanian UNS, Prof Dr Ir Bambang Pujiasmanto MS kepada Timlo.net, di sela-sela acara.

Bambang mengatakan, program pencanangan One Students Five Trees merupakan kelanjutan dari program sebelumnya yaitu One Students One Trees yang telah dilaksanakan sejak awal 2014. Kegiatan ini tidak lepas dari program yang dicanangkan UNS yaitu sebagai Kampus Hijau atau UNS go Green beberapa waktu lalu.

Menurut Bambang, dalam kegiatan tersebut setiap mahasiswa baru baik program S1 maupun Diploma III wajib menanam lima pohon dan memeliharanya dan melaporkan secara berkala dan bukti tanamannya tersebut merupakan salah satu syarat untuk lulus.

Adapun jenis dan klasifikasi tanaman adalah pohon pelindung, pohon langka, pohon buah-buahan atau tanaman lain yang ditentukan oleh fakultas. Setelah penanaman mahasiswa wajib mengisi Sistem Informasi Monitoring Penanaman Pohon, yang merupakan laporan perkembangan pohon yang ditanam,

“Sedangkan untuk lokasi penanaman pohon oleh mahasiswa adalah di lokasi desa binaan,” jelasnya.

Oleh karena itu, Dekan Fakultas Pertanian UNS menyatakan peran generasi muda khususnya mahasiswa Fakultas Pertanian UNS harus aktif dan siap untuk berkiprah dalam pembangunan pertanian khususnya ikut mensukseskan pembangunan swasembada pangan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge