0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Event Nasional Tak Transparan, Dewan: Sungguh Ironis

dok.timlo.net/achmad khalik
Ketua Komisi IV DPRD Solo, Hartanti (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo —  Minimnya anggaran APBD ternyata tidak menyurutkan partisipasi dalam menggelar sebuah event di Kota Solo. Justru, banyak di antara yayasan maupun komunitas yang mendapat kucuran dana dari pemerintah pusat untuk menyelenggarakan event bertaraf nasional.

“Banyak sekali event di Kota Solo yang mendapat kucuran dana dari kementerian pusat, seperti Festival Jenang, Solo International Performance Art (Sipa), ataupun Solo Great Sale (SGS),” kata Ketua Komisi IV DPRD Solo, Hartanti, Rabu (24/2).

Meski begitu, kata Hartanti, pihaknya sangat menyayangkan kurangnya transparansi dari pihak penyelenggara terkait dana yang didapatkan. Padahal, kegiatan yang mereka selenggarakan selalu melibatkan Pemkot Solo maupun masyarakat untuk kemeriahan event yang diselenggarakan. Di sisi lain, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo juga tak mengetahui besaran anggaran yang telah dikucurkan pemerintah pusat kepihak penyelenggara.

“Ini sungguh ironis, kita yang ketempatan tapi malah tidak tidak mengetahui besaran dana yang mereka terima. Padahal, Pemkot dan masyarakat ikut serta dalam kemeriahannya,” terang politisi PDIP tersebut.

Ke depan, lanjut Hartanti, Komisi IV DPRD Solo berencana memanggil dinas dan yayasan maupun komunitas penyelenggara event untuk sekadar berkomunikasi terkait event yang akan diselenggarakan. Selain tentang anggaran dalam komunikasi juga untuk mengetahui persiapan apa saja yang belum tuntas hingga koordinasi dengan dinas yang lain yang harus disinergikan.

“Konsepnya seperti apa, bagaimana penyelenggaraannya termasuk dana yang dikeluarkan,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge