0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Suryadharma Ali Minta Mukernas PPP Dibatalkan, Mengapa?

Suryadharma Ali (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Setelah Menkum HAM mengeluarkan SK Perpanjangan Muktamar Bandung, Emron Pangkapi selaku Waketum PPP akan menggelar Mukernas PPP ke IV di Hotel Mercure Ancol Pada hari Rabu-Kamis, 24-25 Februari 2016. Menanggapi hal ini, Ketua Umum PPP hasil muktamar Bandung Suryadharma Ali (SDA) meminta agar Mukernas IV PPP tersebut ditunda atau dibatalkan.

Pesan ini disampaikan SDA kepada Arwani Thomafi selaku utusan khusus Ketua Majelis Syariah KH Maemoen Zubair dan Ibu Indah Suryadharma Ali serta Ibu Fernita ketika silaturahmi di Guntur, Senin (21/2). Menurut Arwani, SDA merasa belum pernah diajak bicara terkait rencana pelaksanaan kegiatan Mukernas IV tersebut.

“Islah PPP itu sangat baik, namun harus dilakukan dengan cara yang baik dan memiliki landasan yang kuat dengan melibatkan semua pihak yang bertikai di Partai Persatuan Pembangunan” kata Arwani menirukan ucapan SDA, Selasa (23/2).

“Mukernas PPP kali ini yang tidak melibatkan Ketua Umum SDA justru kontra produktif dan berpotensi semakin memecah belah PPP. Mereka terlalu terburu-buru. Ada apa ini?” katanya.

“SDA sendiri belum pernah diajak bicara mengenai pelaksanaan Mukernas dan Muktamar PPP,” katanya.

Dia pun menuding kubu Romahurmuziy seperti mengulangi kesalahan yang sama pada saat menyelenggarakan Muktamar Surabaya yang sudah dikalahkan di MA. “Islah itu harus melibatkan pengurus DPP PPP Hasil Muktamar Jakarta dan Ex DPP Muktamar Surabaya. Karena Muktamar Jakarta itu telah memiliki legal Standing yang sangat kuat dari Mahkamah Agung,” ungkapnya.

“Semua tahu bahwa SK Menkumham tentang Perpanjangan Muktamar Bandung itu lemah karena melawan Putusan MA yang memiliki hirarki lebih tinggi. Apabila DPP Muktamar Bandung menyelenggarakan Mukernas dan Muktamar kemudian ada pihak yang menggugat SK tersebut dan dikalahkan di pengadilan, maka hal itu justru membuat Islah di PPP ini semakin jauh api dari panggang,” ucapnya.

Walau demikian, momentum ini hendaknya diterima oleh semua pihak yang bertikai dengan prasangka adanya iktikad baik dari pemerintah untuk penyelesaian konflik PPP yang berlarut larut.

“Untuk itu saya minta agar Emron Pangkapi Membatalkan Mukernas IV agar tidak semakin memecah belah PPP. Sesuai petunjuk Ketua Majelis Syariah KH Maemoen Zubair, Saya akan menginisiasi dialog di internal PPP terlebih dahulu. Semoga Islah di PPP secara menyeluruh bisa dicapai dalam waktu dekat ini,” pungkasnya.

[eko]
Sumber: merdeka.com
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge