0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

46 Warga Solo Terserang DBD, 1 Meninggal

dok.timlo.net/nanin
Pemberian abate di bak penampungan air untuk mengantisipasi demam berdarah (dok.timlo.net/nanin)

Solo — Jumlah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Solo terus meningkat. Hingga pekan ke-7 di tahun 2016, jumlah kasus DBD sebanyak 46 kasus dengan kematian satu orang.

“Jumlahnya naik terus. 46 kasus di pekan ke-7 ini tergolong tinggi,” kata Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Efi S. Pertiwi, kepada wartawan, Selasa (23/2).

Dibanding tahun lalu, pada pekan yang sama, jumlah kasus DBD tahun ini relatif lebih rendah mengingat tahun lalu jumlah kasus DBD sebanyak 57 kasus. Namun, di tahun lalu tidak ada kasus kematian sedangkan tahun ini sudah ada satu kasus kematian.

Menurut Efi, pihaknya sudah mengeluarkan edaran agar masyarakat waspada DBD dengan menggalakkan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Namun, kenyataannya, jumlah kasus DBD masih cenderung meningkat.

“DKK kan tidak bisa kerja sendiri. Kami menghimbau warga agar melakukan BHT yakni bersih lingkungan, hindari gigitan nyamuk dan tingkatkan ketahanan tubuh,” ungkap dia.

Efi melanjutkan, 46 kasus DBD yang terjadi saat ini membuat target DKK dalam penanggulangan DBD tidak tercapai. Pasalnya, DKK berharap jumlah kasus DBD tahun ini tidak lebih dari 30 kasus.

“Kalau sekarang sudah 46 kasus kan sudah lebih,” kata dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge