0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Event Tahunan di Solo Harus Berdampak pada Masyarakat

Anggota Komisi IV DPRD Solo, Renny Widyawati (dok.timlo.net/daryono)

Solo —  Pemerintah Kota (Pemkot) Solo diharapkan mampu mengembangkan event tahunan yang diselenggarakan memiliki dampak langsung bagi masyarakat. Sehingga dapat mendongkrak pendapatan pelaku usaha.

“Tak hanya menggelar event saja, melainkan harus memiliki dampak, khususnya mendongkrak perekonomian masyarakat,” terang Anggota Komisi IV DPRD Solo, Reny Widyawati kepada wartawan, Selasa (23/2).

Reny mengambil contoh, seperti Festival Jenang yang diadakan beberapa waktu lalu. Festival tersebut dinilai sangat menarik jika jenang yang dijual oleh warga Solo di pasar-pasar tradisional turut menjadi hidangan rutin dalam acara-acara resmi Pemkot. Dengan begitu ada nilai lebih yang didapatkan pemilik usaha jenang yang secara tidak langsung turut melestarikan kebudayaan lokal. Selain itu, pihak swasta seperti industri perhotelan serta pariwisata harus digandeng agar turut memperkenalkan jenang kepada tamu, baik domestik maupun manca negara.

“Setiap hotel menyediakan jenang gratis saat breakfast, minimal tiga jenis jenang diperkenalkan. Tamu hotel kan tidak mungkin pagi-pagi ikut antri di pasar,” paparnya.

Disamping hotel, lanjut politisi asal Partai Demokrat ini, sinergitas dari pihak terkait juga dinilai sangat penting. Semisal, dengan biro perjalanan wisata lokal. Saat mereka membawa wisatawan mancanegara, Reny berharap tidak hanya batik saja yang menjadi tujuan namun juga kuliner jenang maupun kerajinan terkenal di Solo yang lain.

“Selain merasakan jenang, juga diterangkan filosofinya,” tutupnya.

Editor : Eddie Mutaqin

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge