0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dana Hibah Museum Radya Pustaka Tunggu Kebijakan Walikota

dok.timlo.net/dhefi nugroho
Museum Radya Pustaka (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo masih menunggu kebijakan dari Walikota terkait pemberian dana hibah Museum Radya Pustaka. Mengingat, terdapat kontradiksi dalam pengaturan pemberian dana hibah.

“Sesuai aturan, itu memang kewajiban Pemkot. Di sisi lain, aturan hibah kontradiksi dengan Tim Kejaksaan (Kejari) Solo,” terang Kepala Disbudpar Surakarta, Eny Tyasni Susana, Selasa (23/2).

Beberapa waktu lalu, kata Eny, Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) dari Kejari Solo menegaskan penerima dana hibah harus memiliki syarat berbadan hukum tetap. Namun dalam Undang-undang (UU) Cagar Budaya sudah tertera jika kewajiban pemerintah adalah merawat atau mengamankan benda cagar budaya. Saat ini, pihaknya sedang mengupayakan keluarnya kebijakan yang mengatur dana hibah kepada penerima yakni Museum Radya Pustaka.

“Ini masih kontradiksi, antara apakah penerima hibah ini di ijinkan atau tidak. Jadi harus ada kebijakan dari Walikota, ini yang sedang kami upayakan,” jelas Eny.

Pihaknya menilai, Pemkot tetap harus memberikan support terhadap perawatan benda koleksi museum. Di sana, terdapat koleksi yang berusia ratusan tahun. Sehingga, butuh perawatan dan penyelamatan agar tidak rusak termakan usia. Terkait dana hibah yang akan diberikan, rencananya mencapai Rp 300 juta.

“Dari pertemuan dengan TP4D nanti kami akan buat nota dinas. Secepatnya kami akan ketemu Walikota, kami berharap secepatnya bisa terwujud,” ungkap Eny.

Sementara itu Sekretaris Komite Museum Radya Pustaka, ST Wiyono menyatakan sejauh ini belum ada informasi mengenai dana hibah. Pihaknya juga terus berkoordinasi dengan Disbudpar.

“Belum ada informasi. Kalau menunggu Walikota, pastinya Pak Wali tidak masalah karena dana itu dipakai untuk perawatan koleksi dan museum, pembayaran listrik dan honor pegawai,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge