0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perayaan Malam Satu Suro Perlu Ditambah “Pati Geni”

Kirab kerbau bule Malam Satu Suro (dok.timlo.net/gg)

Solo —  Agenda wisata di Kota Solo nampaknya kurang mendongkrak kunjungan wisatawan. Puluhan even yang dibuat Pemerintah Kota (Pemkot) Solo juga terkesan monoton dari tahun ke tahun.

“Kalau tetap bertahan seperti ini terus, dikhawatirkan wisatawan akan memilih tempat lain ketimbang ke Solo,” terang Anggota Komisi IV DPRD Solo, Reny Widyawati kepada wartawan, Selasa (23/2).

Politikus asal Partai Demokrat ini mengusulkan, supaya Pemkot meniru sejumlah wisata unggulan dan berbeda di kawasan Indonesia. Semisal, perayaan Hari Raya Nyepi di Bali atau Perayaan Satu Suro di Yogyakarta. Menurutnya, perayaan yang menjadi diferensiasi destinasi wisata unggulan tersebut banyak diburu oleh wisatawan dari berbagai daerah. Disamping itu, juga sebagai identitas wisata yang tidak mungkin akan dilupakan para wisatawan.

“Bisa ditambahkan modifikasi supaya tidak terkesan sama dengan nilai yang digali dari budaya lokal Kota Solo,” kata Reny.

Sebenarnya, lanjut Reny, Kota Solo sudah memiliki diferensiasi destinasi wisata unggulan khusus yakni Kirab Kebo Kyai Slamet yang rutin diadakan saat Malam Satu Suro. Dapat saja, saat perayaan tersebut ditambahkan dengan “Pati Geni” satu Kota Solo. Sehingga mampu memberikan daya tarik para wisatawan untuk menyaksikan suasana saat penyelenggaraan momentum tersebut.

“Biasanya kan ada car free night nya juga kan. Nah, yang ramai di kawasan dilewati kerbau itu saja, sedangkan kawasan lain sepi seperti Pati Geni,” terang Reny.

Sementara itu Sekretaris Komisi IV DPRD Solo, Asih Sunjoto Putro mengatakan beberapa even di Solo mengalami penyesuaian, baik secara waktu penyelenggaraan ataupun anggaran. Saat ini menurutnya insentif  bagi even hanya sebatas stimulan sehingga mayoritas dikelola sendiri oleh masyarakat.

“Anggaran kita sesuaikan, hanya berupa stimulan saja,” katanya

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge