0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bobol 14 Rumah, Dua Pencuri Dibekuk

Dua tersangka pencurian menjalani pemeriksaan polisi (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Aparat dari Polresta Solo menyita puluhan tas berbagai merk dari rumah dua pelaku pencurian spesialis rumah kosong, di Banjarsari, Senin (22/2). Pelaku dapat diamankan setelah tertangkap basah waktu menjalankan aksinya, Jumat (19/2).

“Pelaku yang pertama kali kita tangkap adalah Hastomo Kurniawan (32), saat itu pelaku sedang melancarkan aksinya di kawasan Sumber, Banjarsari. Kemudian dari pengembangan kasus kita tangkap pula rekan tersangka yakni Gunawan Wicaksono (34),” ungkap Kasubag Humas Polresta Solo, AKP Yuliantara, Selasa (23/2).

Modusnya adalah pelaku mengetuk rumah yang akan menjadi target dari aksi mereka. Jika penghuni rumah keluar, maka tersangka akan berpura-pura menanyakan alamat. Tetapi jika ditunggu selama beberapa lama penghuni tak juga muncul, pelaku akan mencongkel pintu depan rumah dengan menggunakan linggis yang telah dipersiapkan.

Berdasarkan keterangan dari tersangka Gunawan, dirinya telah membobol 14 rumah di kawasan Solo dan sekitarnya dalam kurun waktu dua tahun. Selain beroperasi secara berkelompok, pelaku juga bisa melancarkan aksinya dengan cara individual dengan modus yang sama.

Selain mengamankan puluhan tas, petugas juga mendapatkan 10 buah Laptop, 4 BPKB sepeda motor, TV LCD, dan alat musik Keyboard.

“Tersangka kita kenai pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan, yang diancam dengan pidana penjara paling lama 7 tahun,” tegas AKP Yuliantara.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge