0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Boyolali Terdapat 15 Penambangan Ilegal, Mengapa Tak Ditindak?

dok.timlo.nrt/nanin
Aktivitas penambangan di Boyolali (dok.timlo.nrt/nanin)

Boyolali — Setidaknya terdapat 15 penambangan ilegal yang beroperasi di wilayah Kabupaten Boyolali. Mayoritas lokasi galian ilegal berada di kawasan lereng Gunung Merapi.

“Hasil inventarisasi pertanggal 15 Februari kemarin ada 15 penambangan ilegal, tanpa dilengkapi satupun surat perijinan,” kata Kasi Sumber Daya Mineral DPU ESDM Boyolali, M Mustajab, Senin (22/2).

Dari 15 penambangan ilegal tersebut, paling banyak berada di Kecamatan Selo dan Cepogo. Selain itu juga ditemukan di wilayah Mojosongo dan Teras. Ironisnya, beberapa penambangan ilegal tersebut dikelola oleh oknum kepala desa. Pihaknya akan terus melakukan inventarisasi penambangan ilegal, yang kemungkinan jumlahnya bertambah.

“Untuk kewenangan menindak Balai Energi Sumberdaya Mineral (BESDM) Provinsi Jateng yang mengeluarkan perizinan, kita hanya melakukan pemantauan saja,” tambahnya.

Sejauh ini, aktivitas penambangan ilegal merusak lingkungan. Selain tidak beijin, pelaku penambangan juga tidak melakukan reklamasi. Disisi lain,penindakan penambangan ilegal, sejauh ini baru sebatas operasi tonase dengan sasaran truk-truk pasir.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge