0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wonogiri Kewalahan Tangani Sampah Plastik

Pemulung mengais sampah plastik di TPA Ngadirojo (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Membludaknya sampah yang masuk di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Kerjokidul, Ngadirojo, Wonogiri membuat dinas terkait kewalahan, terlebih dengan adanya sampah plastik.

“Saban hari ada sampah masuk sekitar 413 meter kubik, 20 persennya adalah sampah plastik,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan dan Pertamanan DPU Wonogiri, Toto Prasojo, Senin (22/2).

Menurutnya, dengan adanya program pemerintah pusat terkait pengurangan dan atau pembatasan penggunaan kantong plastik, pihaknya sangatlah mendukung. Pasalnya, saat ini saja, pihaknya sudah kewalahan menangani sampah-sampah yang berasal dari Wonogiri Kota, Selogiri dan Ngadirojo. Dia berharap masyarakat dapat mengolah sampah plastik menjadi bahan yang berguna, semisal bahan pupuk organik.

“Bidang kami, selama ini baru mampu menangani sampah setiap harinya sekitar 334 meter kubik. Ironisnya lagi sampah yang tidak terangkut itu sampah plastik,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UMKM Wonogiri, Guruh Santoso, menyatakan pihaknya tengah menunggu regulasi pemerintah pusat menyusul pembatasan penggunaan kantong (tas) plastik.

“Plastik itu kan sifatnya sulit diurai, jadi kami setuju jika penggunaan tas plastik dibatasi,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge