0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemerintah Dorong Perkembangan MICE

dok.timlo.net/ist
ilustrasi (dok.timlo.net/ist)

Timlo.net – Pemerintah mendorong perkembangan wisata dan industri meetings, incentives, conferences, dan exhibitions (MICE). Meskipun dalam portofolio bisnis pariwisata, sektor ini masuk dalam kategori Man Made, yang hanya 5 persen saja.

Menpar Arief Yahya mulai kejar wisata MICE, meetings, incentives, conferences, dan exhibitions. Dalam portopolio bisnis pariwisata, sektor ini masuk dalam kategori Man Made, yang hanya 5 persen saja.

“Kota-kota yang memiliki objek atraksi wisata, juga memiliki fasilitas convention hall, lengkap amenitasnya, akan dipromosikan MICE-nya,” kata Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, seperti rilis yang diterima Timlo.net, Minggu (21/2).

Asosiasi bisnis, lembaga profesi, komunitas sosial, perusahaan, perkumpulan keluarga/marga, semua berpeluang menjadi costumers. MICE cenderung memilih lokasi yang ada objek wisata.
“Ilustrasinya begini, bapak-nya conference, anak istrinya jalan-jalan keliling kota,” kata Arief Yahya.

Para pelaku industri Pariwisata Indonesia rupanya juga punya harapan yang sama. Anggota Komisi X DPR RI, Wiryanti Sukamdani, juga berpikiran sama.

Pemerintah diharapkan lebih banyak mendorong MICE. Dia meminta kepada semua pihak yang menggelar pertemuan dan rapat yang skalanya internasional agar dilakukan di Indonesia.

“Ini akan menambah jumlah wisatawan ke Indonesia, tentunya setelah mereka rapat dan menggelar pertemuan besar, maka dia akan tamasya dan belanja, itu akan menambah jumlah dan membantu pengembangan Pariwisata. Saya sangat setuju dengan strategi ini,” ujar Wiryanti Sukamdani.

Yanti menandaskan, sebagai orang yang selama ini concern dalam pengelolaan hotel, dia berharap pariwisata terus melakukan promosi, events, terus melakukan terobosan untuk memajukan Indonesia. Sukses menanangi hotel di banyak kota di Indonesia, membuat tokoh ini sangat layak membagi ilmu soal MICE tourism.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge