0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pengelola Umbul Ponggok Tambah Fasilitas Keamanan

timlo.net/aditya wijaya
Poster berisi peringatan di objek wisata Umbul Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tirta Mandiri sebagai pengelola Objek Wisata Umbul Ponggok berbenah diri paska kejadian meninggalnya Altisna Galang Norendra (20) warga Dukuh Ngendengan, Desa Pandes, Kecamatan Wedi, Sabtu (20/2) lalu.

“Kita sudah menyelesaikan secara kekeluargaan dan beritikad baik untuk tanggung jawab. Enggak mungkin bisa dihindari, ini kan musibah. Kami juga akan koreksi diri,” tutur Kepala Desa (Kades) Ponggok, Junaedi Mulyono, Minggu (21/2).

Paska kejadian tersebut, pihaknya langsung menggelar safety briefing (pengarahan keamanan). Selain itu, dalam waktu sepekan ini pengelola juga akan menambah fasilitas pendukung keamanan umbul yang terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten ini.

Selain menambah papan peringatan, Juned menyebutkan, dari tiga tangga darurat yang sudah ada bakal ditambah menjadi tujuh. Memasang bola pembatas pelampung kolam per sepuluh meter. Juga menyiagakan petugas Search and Rescue (SAR) setempat di menara Pemantau.

“Biasanya ada empat anggota SAR yang berada di sudut kolam, belum lagi dengan operator foto under water, dan pemilik warung yang juga dibekali tehnik rescue (penyelamatan). Tapi ke depan akan kita tambah termasuk fasilitas keamanan. Kalau perlu kita akan mewajibkan pengunjung baik yang bisa berenang maupun yang tidak, untuk wajib mengenakan pelampung. Karena keselamatan pengunjung adalah prioritas pertama dan utama, baru diikuti pelayanan,” sebut dia.

Disinggung soal antusiasme jumlah pengunjung paska kejadian tersebut, Juned menyatakan tetap ramai. Dengan merogoh kocek Rp 8 ribu, pada hari libur maupun akhir pekan pengunjung Umbul Ponggok bisa mencapai 2 ribu orang. Meskipun terkendala dengan cuaca mendung dan musim hujan.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge