0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Warga Bersihkan Sungai di Kawasan Pengging

timlo.net/nanin
Warga yang tergabung dalam Paguyuban Peduli dan Sadar Wisata Banduldarwis Banyudono mengelar aksi bersih-bersih sungai di Kawasan Obyek Wisata Pengging (timlo.net/nanin)

Boyolali — Puluhan warga Banyudono yang tergabung dalam Paguyuban Peduli dan Sadar Wisata Banduldarwis, mengelar aksi bersih-bersih sungai di kawasan obyek wisata Pengging, Minggu (21/2). Aksi ini dilakukan sekaligus memperingati hari sampah.

“Kami ingin mengajak masyarakat untuk lebih peduli dengan lingkungan, jangan membuang sampah di sungai,” kata Koordinator Banduldarwis, Joko Wardoyo.

Aksi bersih-bersih sungai sendiri dimulai dari sungai Guyangan hingga bantaran sungai Sungsang sepanjang satu kilometer. Warga dengan menggunakan perlengkapan, seperti cangkul dan sabit, membersihkan sampah disepanjang aliran sungai. Diakui Joko, kondisi sungai di wilayah kawasan Pengging sangat memprihatinkan. Pasalnya, banyak masyarakat yang membuang sampah di sungai, selain itu masih ada warga yang buang air besar di sungai.

“Kalau ini dibiarkan nanti bisa mengakibatkan pencemaran, apalagi banyak limbah rumah tangga yang juga dibuang di sungai,” tambahnya.

Selain untuk kebersihan lingkungan, aksi bersih-bersih sungai ini juga untuk mendukung wisata di Pengging. Yang selama ini dikenal sebagai wisata air dengan banyaknya sumber air yang ada.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge