0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Apel Hari Sampah Nasional, Sekda Klaten Ingatkan 3R

Relawan peduli lingkungan tengah membersihkan tumpukan sampah di Pasar Induk Kota Klaten (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2016, ratusan relawan dari berbagai instansi termasuk pelajar terjun langsung membersihkan sampah di pasar induk Kota Klaten dan car free day (CFD), Minggu (21/2).

”Gerakan ini kami harap bisa mengedukasi dan menggugah kepedulian masyarakat untuk meminimalisir sampah,” kata Sekda Klaten Jaka Sawaldi.

Selain itu, pihaknya juga mengkampanyekan dan mendukung program pemerintah pusat terhadap penggunaan plastik berbayar di supermarket yakni ‘Belanja Cantik Tanpa Plastik.’

Menurut Jaka, jika seluruh rumah tangga menerapkan efisiensi penggunaan kantong plastik maka sampah plastik yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) akan berkurang. Pasalnya sampah plastik termasuk paling sulit diurai ketimbang sampah lainnya, meskipun sudah dikubur dalam tanah.

“Untuk menumbuhkan kesadaran peduli sampah kami budayakan 3R, yakni reuse, reduce, dan recycle. Maka mulai dari tingkat rumah tangga secara mandiri mereduksi atau mengurangi sampah, salah satunya tidak menggunakan kantong plastik untuk barang belanja,” ucap Jaka Sawaldi dalam apel Hari Peduli Sampah Nasional, Minggu (21/2).

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Energi Sumber Daya Mineral (DPU ESDM) Klaten, Abdul Mursyid berharap, pengelolaan sampah dapat dilakukan di tiap desa dengan bank sampah. Sehingga sampah tidak perlu sampai ke TPA.

“Kalau setiap desa bisa mengelola sampah kan sampah tidak perlu sampai ke TPA. Hasil pengelolaan sampah di desa juga dimanfaatkan oleh masyarakat sendiri,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge