0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mini Market dan Pedagang Ujung Tombak Perubahan Sikap

timlo.net/heru murdhani
Sosialisasi pengurangan sampah kantong plastik (timlo.net/heru murdhani)

Solo — Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo meminta mini market dan pedagang tradisional untuk turut mensosialisasikan pengurangan penggunaan kantong plastik. Sebab, Rudy beranggapan bahwa pedagang menjadi ujung tombak perubahan sikap masyarakat.

“Ya kita minta pedagang juga ikut mensosialisasikan,” kata dia saat dijumpai sejumlah wartawan di Rumah dinas Walikota, Loji Gandrung, Minggu (21/2).

Selain itu dirinya meminta pengusaha mini market dan pedagang untuk menyediakan kemasan belanja alternatif, seperti kardus, atau kantong belanja dari kain. Kantong belanja alternatif ini bisa diberikan secara gratis, atau dijual dengan harga tertentu.

Dia juga berpendapat, bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) dari mini market bisa dialihkan untuk pembuatan kantong belanja kain. Rudy beranggapan hal ini bisa menekan penggunaan kantong plastik.

“Pembuatan tas dari kain ini kan bisa menggunakan dana dari CSR, dengan demikian perusahaan tidak mengeluarkan biaya tambahan. Nanti kantong kain ini bisa dibagikan kepada konsumen, atau dijual dengan harga tertentu,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge