0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Habiskan Dulu Stok Kantong Plastik Yang Ada

Sosialisasi pengurangan sampah kantong plastik (timlo.net/heru murdhani)

Solo – Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Solo masih mengijinkan pengusaha mini market dan pedagang di pasar tradisional untuk mempergunakan kantong plastik dalam mengemas belanjaan. Alasannya adalah untuk menghabiskan stok plastik yang masih ada di tangan pedagang.

“Dalam masa sosialisasi ini masih boleh menggunakan kantong plastik, sekalian menghabiskan stok kantong plastik yang mereka miliki saat ini,” ungkap Kepala BLH setempat, Widdy Srihanto, disela-sela sosialisasi pengurangan penggunaan kantong plastik, di areal Car Free Day, Minggu (21/2).

Meski begitu, Widdy mengatakan pedagang harus turut mensosialisasikan pengurangan penggunaan kantong plastik ini, dengan cara menawarkan pengganti kantong plastik.

“Harus ditawarkan kepada pembeli, mau menggunakan kardus, atau kantong anyaman plastik atau kain dengan tambahan harga tertentu. Karena selain bisa digunakan berulang kali, kantong kain ini juga lebih ramah lingkungan,” paparnya.

Tahap sosialisasi ini akan diberlakukan selama beberapa bulan kedepan. Dia mengatakan setelah tahapan selesai, pemerintah akan memberlakukan penggunaan kantong plastik berbayar. Hanya saja keputusan penggunaan kantong plastik berbayar ini masih menunggu keputusan dari Walikota Solo.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge