0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kantong Plastik Bisa Digunakan Berulang-Ulang

Sosialisasi pengurangan sampah kantong plastik (timlo.net/heru murdhani)

Solo – Salah satu cara mengurangi jumlah sampah plastik adalah dengan penggunaan ulang kantong plastik. Hal ini diungkapkan BLH Kota Solo, Widdy Srihanto saat sosialisasi pengurangan penggunaan plastik, di Car Free Day, Minggu (21/2).

“Idealnya kan bisa dipakai berkali-kali, bahkan hingga 20 kali,” kata dia.

Widdy mengatakan, berdasarkan data yang dirilis oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) setempat, Kota Solo menghasilkan sampah kantong plastik 50 ton setiap harinya.

“Kalau kantong plastik ini digunakan kembali, ini bisa mengurangi jumlah kantong plastik yang digunakan. Sampah yang dihasilkan ini kan akibat penggunaan kantong plastik yang sekali langsung dibuang,” kata dia.

Dia juga menganjurkan kepada masyarakat untuk menggunakan kantong belanja yang terbuat dari kain atau anyaman plastik. Hal ini dikarenakan penggunaan kantong belanja alternatif ini lebih ramah lingkungan, karena bisa digunakan berkali-kali.

Sementara kepala DKP Hasta Gunawan mengaku, kesadaran masyarakat dalam pemakaian kantong plastik masih sangat tinggi. Padahal untuk mengurangi jumlah sampah plastik ini diperlukan kesadaran masyarakat.

“Masih rendah kepedulian masyarakat akan bahaya lingkungan dalam penggunaan kantong plastik ini. Karenanya perlu sosialisasi untuk mengurangi penggunaan kantong plastik ini,” tegasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge