0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Banyak Daerah Belum Siap Terima Kepulangan Warga Eks Gafatar

Dinsos Provinsi Jateng tunggu instruksi Mensos terkait sampai kapan penampungan warga Eks Gafatar di Asrama Haji Donohudan berlangsung (foto: Nanin)

Boyolali – Dinas Sosial Provinsi Jateng masih menunggu instruksi dari Kementerian Sosial terkait kelanjutan penampungan warga Eks Gafatar di Asrama Haji Donohudan. Awalnya, para warga eks Gafatar ini hanya akan ditampung lima hari setelah mereka datang. Namun hingga hampir sebulan, masih ada 352 warga eks Gafatar yang berada di penampungan.

“Kita masih menunggu instruksi pusat sampai kapan penampungan ini akan dibuka,” kata Kepala Dinsos Provinsi, Rudi Apriyantono, Sabtu (20/2).

Bahkan menurut Rudi, penampungan Asrama Haji Donohudan, pekan depan bakal menerima ratusan warga eks Gafatar dari penampungan di Jakarta. Ratusan warga eks Gafatar tersebut merupakan warga Jawa Tengah. Namun dari mana saja daerah asal, pihaknya belum mengetahui.

“Nanti kita data dulu, setelah itu kita koordinasikan dengan pemerintah daerah asal, agar segera dilakukan penjemputan,” tambahnya.

Sementara itu, ketika disinggung lamanya warga eks Gafatar berada di penampungan, Rudi mengaku hal itu terkendala permasalahan pendataan dan kesiapan pemerintah daerah asal untuk melakukan penjemputan.

“Seperti Sumatera Utara, ada 302 warganya di sini, sampai sekarang belum dijemput. Informasi yang kami terima terkendala dana,” ungkapnya.

Total warga eks Gafatar yang ditampung di Asrama Haji Donohudan sejak tanggal 24 Januari  ada 1.808 orang, saat ini masih tersisa 352 orang.

“Selama itu kita sudah habiskan sekitar Rp 200 juta untuk logistik,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge