0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Koleksi Jadul Lokananta Bisa Didengarkan Streaming, Lho!

KOleksi jadul Lokananta (dok.timlo.net/daryono)

Solo —  Bagi Anda pecinta musik, terutama yang ada di Solo, tentu tidak asing lagi dengan studio rekaman Lokananta. Meski begitu, tidak semua pecinta musik tahu koleksi Lokananta, kecuali Anda datang langsung ke Lokananta untuk melihat dan mendengarkannya.

Kini, untuk tahu lebih jauh apa saja koleksi Lokananta dan mendengarkannya anda tidak harus datang langsung ke Lokananta. Mulai tahun ini, manajemen studio rekaman tertua di Indonesia ini mengembangkan perpustakaan musik digital.

Dengan mengakses perpustakaan digital itu, anda bisa mendengarkan berbagai koleksi jadul Lokananta seperti cetakan pertama piringan hitam lagu Indonesia Raya karya WR Supratman, pidato Presiden RI pertama Ir Soekarno secara streaming melalui situs web Lokanta, www.lokanantamusik.com. Selain itu, anda juga bisa menemukan koleksi jadul lainnya seperti album penyanti Kota Solo, Christine, yang populer di jamannya.

“Koleksi-koleksi itu bisa didengarkan secara streaming. Tetapi, tidak full track. Karena kalau full track nanti dihack, dibajak orang, atau didowload,” kata Kepala Cabang Surakarta Perum Percetakan Negara, Miftah C. Zubir kepada Timlo.net, Sabtu (20/2).

Saat ini, jumlah koleksi yang sudah digitalisasi belum banyak. Namun, proses digitalisasi koleksi Lokananta itu masih akan terus berlangsung. Miftah menyampaikan seluruh koleksi Lokananta nantinya bakal diubah ke format digital. Selain bisa mendengarkan musik koleksi Lokananta, situs web juga menyediakan berbagai informasi seperti foto-foto masa lampau dan informasi seputar Lokananta.

“Dengan perpustakaan digital itu biar lebih mudah bagi masyarakat untuk mengetahui apa saja yang ada di Lokananta.Mungkin orang sebenarnya mau kesini, tetapi tidak tahu aksesnya. Oleh karena itu sekarang aksesnya kita permudah,” ungkap dia.

 

 

 

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge