0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cari E-KTP, Kantor Disdukcapil Klaten Tak Ramah Difabel

Suranta dan Sukarman, dua warga Jatinom penyandang disabilitas usai mengambil e-KTP (dok.timlo.net/ist)

Klaten — Penyandang disabilitas Klaten mengeluhkan bangunan kantor Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Klaten yang tidak ramah difabel. Keluhan terjadi saat Suranto (37) dan Sukarman (42) mengambil KTP elektronik (e-KTP), Jumat (19/2) siang.

“Kami sudah dua kali datang ke sini dan ternyata jalan akses masuk ruang rekam sangat sempit dan ini sangat menyulitkan,” kata Suranto.

Menurut warga Desa Mranggen, Kecamatan Jatinom itu, keduanya pertama kali menginjakkan kaki di Kantor Disdukcapil Klaten pada Jumat (12/2) pekan lalu, guna menjalani perekaman e-KTP. Sedangkan lantai kantor tidak ada tanjakan/turunan bagi penyandang difabel.

“Karena saya sangat kesulitan, untung saja ada empat warga yang sedang antri mau membantu mengangkat naik kursi roda saya ini,” ujar Suranto yang datang dengan kendaraan beroda tiga ini.

Pada saat pengambilan e-KTP hari ini, keduanya mendatangi Pos Satpam terlebih dahulu. Ternyata, salah seorang Satpam tidak mau membantunya mendorong kursi roda menuju kantor yang terletak di kompleks Pemkab Klaten tersebut.

Mengetahui keduanya naik kursi roda, kembali warga yang turut mengantri menolongnya. Bahkan saat selesai mengambil e-KTP, giliran Kepala Disdukcapil Klaten Widya Sutrisna bersama dua stafnya yang membantu mereka menuju sepeda motor modifikasi beroda tiga yang terparkir di halaman.

“Jelas kita kecewa, masa enggak ada jalan khusus. Mohon bisa dibuat akses jalan bagi penyandang disabilitas,” imbuh Sukarman warga Desa Jemawan, Kecamatan Jatinom.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge