0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Balekambang bakal Dibangun Kebun Raya

Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo (dok.timlo.net/daryono)

Solo – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memberi lampu hijau untuk menyerahkan aset-aset Pemprov yang ada di Solo kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Solo. Penyerahan aset-aset Pemprov itu untuk mendukung perkembangan Solo sebagai kota budaya dan pariwisata.

“Kita punya banyak aset di Solo, termasuk tanah, termasuk yang ada di Balekambang. Trendnya ke depan akan kita pindahkan (ke Pemkot Solo),” kata Wakil Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko kepada wartawan, di Solo, Jumat (19/2).

Pelimpahan aset Pemprov kepada Pemkot Solo agar aset-aset Pemprov tersebut bisa dimanfaatkan lebih optimal dan efisien. Terlebih, Pemkot Solo betul-betul membutuhkannya. Beberapa aset Pemprov yang dimungkinkan diserahkan ke Pemkot Solo antaralain kantor Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), kantor Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan kantor Balai Pembibitan dan Budidaya Ternak Non Ruminansia Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jawa Tengah yang terletak di depan Taman Balekambang.

“Sementara ini kan statusnya masih pinjam pakai. Pinjam pakai pun kalau diperpanjang-perpanjang kan sama. Kapan pastinya dilimpahkan saya belum berani memastikan, tetapi kecenderungannya ke sana. Memang lebih efektif kalau dikelola kota (Solo),” ujar Wagub asal PDIP ini.

Untuk diketahui, upaya Pemkot Solo untuk meminta aset-aset Pemprov Jateng yang ada di Solo sudah dilakukan sejak tahun 2013. Namun, hingga kini Pemprov belum juga memberi jawaban atas permintaan Pemkot.

Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengatakan sedang menyiapkan site plan pemanfaatan lahan di depan Taman Balekambang jika tanah dan bangunan milik Pemprov itu diserahkan ke Pemkot. Nantinya, lahan di depan Taman Balekambang itu akan dipakai untuk kebun raya kecil.

 

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge