0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bupati Wonogiri Turun Langsung Berantas Nyamuk

Bupati Wonogiri Joko Sutopo ikuti gerakan PSN di Wonokarto (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Bersama anggota Forum Pimpinan Daerah (Forpimda), para Kepala SKPD, TNI/Polri, pelajar serta warga sekitar, Bupati Wonogiri Joko Sutopo di hari kedua kerja, langsung melakukan pemberantasan sarang nyamuk di wilayah endemis Demam Berdarah Dengue (DBD) yakni Kelurahan Wonokarto.

“PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja tapi menjadi tanggung jawab semua warga masyarakat,” ungkap Jekek –sapaan akrab Bupati Joko Sutopo, Jumat (19/2).

Namun acara tersebut sempat agak semrawut lantaran banyak warga, khususnya para wanita bahkan ibu-ibu PKK yang minta foto bersama dengan bupati baru. Bupati pun mengiyakan dan merangkul mereka untuk foto bersama.

Gerakan serentak PSN se-Kabuapten Wonogiri melalui kegiatan Jumat Bersih yang secara simbolis dilakukan Bupati Wonogiri di Wonokarto itu ditandai dengan simulasi pembersihan bak-bak penampung air di rumah serta pemeriksaan jentik nyamuk Aides Aegypti di lingkungan tersebut. Tidak canggung-canggung, Bupati Jekek memeriksa parit di samping rumah salah seorang warga dengan lampu baterai.

Menurut Bupati, gerakan pemberantasan sarang nyamuk penyebab demam berdarah harus dikerjakan secara rutin dan bergotong-royong. Bak mandi, kata dia,  maupun tempat penampungan air minum keluarga serta barang-barang bekas yang ada sisa airnya harus dicek dan dibersihkan.

“Sebab nyamuk aides agepty mudah berkembang di tempat air yang jernih atau bersih,” katanya.

Kepala DKK Wonogiri melalui Kepala Bidang P2MP Suprio Haryanto yang ditemui disela-sela acara gerakan PSN bersama bupati, mengungkapkan, dipilihnya wilayah Wonokarto lantaran daerah ini endemis DBD, bahkan dewasa ini kasus korban sangat menonjol. Dijelaskan, dari total 32 kasus DBD (2 korban meninggal dunia) di kabupaten ini, sebanyak 20 kasus di antaranya menyerang warga Wonokarto.

“Tidak ada cara lain yang lebih efektif untuk memutus mata rantai penyebaran jentik nyamuk DBD kecuali hanya dengan gerakan seperti ini (PSN),” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge