0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pakaian Bekas Impor Ilegal Disita Petugas

merdeka.com
Pakaian bekas impor illegal di Makassar (merdeka.com)

Timlo.net — Tim patroli Bea Cukai Kantor Wilayah Sulsel bersama Direktorat Polair Polda Sulsel, Lantamal VI TNI AL dan satuan POM AD Kabupaten Bone menggagalkan penyelundupan 790 bal pakaian bekas yang termasuk tindakan impor ilegal di Pelabuhan Patirobaji, Kabupaten Bone, Sulsel. Pakaian-pakaian bekas senilai Rp 3 Miliar itu masuk ke pelabuhan di Kabupaten Bone dengan menggunakan Kapal Layar Motor (KLM) Rizki Abadi yang berasal dari Tawau, Malaysia.

Ratusan ball pakaian bekas banyak diminati warga karena bermerek dengan harga cukup terjangkau. Di Makassar, pakaian bekas ini dikenal dengan nama pakaian Cakar singkatan dari Cap Karung karena diselundupkan dengan paket karung.

Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Bea Cukai (Kakanwil DJBC) Sulawesi, Azhar Rasyidi menyampaikan, ada tiga orang yang diamankan. Mereka adalah Anak Buah Kapal (ABK) KLM Rizki Abadi masing-masing berinisial AA, AS dan YY.

Ketiganya masih berasal dari Indonesia. Sementara nakhodanya melarikan diri saat proses penangkapan di pelabuhan.

“Penangkapan ini berdasarkan amanah Peraturan Menteri Perdagangan No 51 tahun 2015 tertanggal 9 Juli 2015 yang diantaranya menyebutkan impor pakaian bekas atau lazim di Makassar dinamai Cakar adalah komoditi yang dilarang,” kata Azhar Rasyidi.

Pakaian bekas impor ini mengganggu dan merusak industri tekstil dan produk tekstil dalam negeri. Lalu pakaian bekas ini juga membahayakan kesehatan masyarakat karena bisa membawa kuman dan bibit penyakit.

Azhari juga membeberkan ancaman aturan yang bisa digunakan untuk menjerat pelaku yakni UU No 17 tahun 2006 tentang perubahan atas UU No 10 tahun 1995 tentang Kepabeanan pasal 102 dengan ancaman hukuman penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 10 tahun dengan denda paling sedikit Rp 50 juta dan paling banyak Rp 5 miliar.

[eko]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge