0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Menkop: MEA Bukan Persaingan Bebas

timlo.net/setyo pujis
Pimpinan Wilayah BRI Yogyakarta, Widodo Januarso (kiri) saat menandatangi MoU dengan Pemkot Solo (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Menteri Koperasi dan UKM, Agung Gede Ngurah Puspayoga menekankan, masyarakat ekonomi asean (MEA) bukanlah persaingan bebas. MEA adalah komitmen negara Asean untuk memperkuat diri menghadapi gempuran pasar global.

“Jadi tidak ada yang perlu ditakuti. Karena semangat MEA adalah saling membantu satu sama lain,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (18/2).

Menurutnya, persaingan bebas adalah saat dimana kran pasar global dibuka seluas-luasnya, sehingga yang terjadi adalah persaingan. Sementara itu, berbeda dengan yang terjadi sekarang, karena MEA adalah upaya penguatan ekonomi dikawasan Asean itu sendiri.

“Negara Asean ini sadar betul bahwa negara satu dengan yang lain ada kekurangan dan kelebihan. Oleh karena itu dengan adanya penguatan ini harapanya bisa lebih siap saat menghadapai gempuran pasar bebas yang akan datang,” jelasnya.

Untuk terus meningkatkan kesejahteran masyarakat, pihaknya mengaku telah membuat berbagai program pemberdayaan untuk UMKM. Baik pendampingan, standarisasi nasional, akses modal maupun peningkatan kualitas SDM.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge