0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Abu Faiz Divonis 1 Tahun 8 Bulan

Sidang penipuan CPNS dengan terdakwa Abu Faiz. (foto: Agung)

Sragen – Mantan Koordinator Front Pembela Islam (FPI) Sragen, Abu Faiz alias Sarwanto (40), terdakwa kasus penipuan CPNS dijatuhi hukuman 1 tahun 8 bulan penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Sragen, Kamis (18/2). Vonis tersebut lebih ringan 4 bulan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yakni 2 tahun.

“Salah satu pertimbangan majelis hakim adalah terdakwa punya itikad baik akan mengembalikan uang korban yang telah dipakainya setelah menjalani masa hukuman,” kata Humas PN Sragen, Agung Nugroho usai sidang.

Agung mengatakan majelis hakim punya pertimbangan sendiri terkait putusan tersebut. Menurutnya pertimbangan yang memberatkan adalah perbuatan tersangka melakukan penipuan hingga merugikan korbannya sebesar Rp 114 juta. Uang itu didapat dengan cara menipu dengan janji bakal dimasukkan menjadi CPNS di Kementerian Agama (Kemenag) Sragen.

“Sebagai pengurus Ponpes harusnya terdakwa member teladan yang baik bagi masyarakat, tapi terdakwa malah melakukan tindakan tidak terpuji,” jelas Agung.

Seperti disampaikan sebelumnya, Abu Faiz melakukan penipuan terhadap Joko Triyono (29), warga Pungsari, Kecamatan Plupuh dengan mengaku bisa memasukkan korban menjadi CPNS di Kemenag Sragen dengan imbalan Rp 144 juta. Perbuatan terdakwa dinilai terbukti memenuhi unsur tindak penipuan penggelapan seperti yang diatur dalam pasal 378 KUHP.

Usai pembacaan vonis oleh majelis hakim, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) FPI Surakarta, Khoirul mengaku menghormati keputusan hakim. Namun putusan tersebut dinilainya terlalu ringan.

”Kami menghormati putusan persidangan, namun kami rasa itu kurang. Soalnya nama FPI telah dicemarkan.  Harusnya hukuman pencuri itu dipotong tangannya,” tegas Khoirul.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge