0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cina Gunakan Nyamuk Untuk Lawan Virus Zika

Nyamuk Aedes Aegypti
ilustrasi ()

Timlo.net—Virus Zika adalah virus yang kini ditakuti di dunia karena belum banyak yang kita ketahui tentang virus itu. Dari berbagai cara yang digunakan untuk melawan virus Zika, para peneliti dari Cina ini menggunakan cara yang unik. Mereka melakukan penelitian perintis menggunakan nyamuk yang terinfeksi di Cina Selatan untuk melawan virus ini pada bulan Maret nanti.

Menurut pemimpin penelitian dan profesor mikrobiologi di Sun Yat-sen University di Guangzhou, Provinsi Guangdong Xi Zhiyong, cara ini diharapkan bisa mengurangi populasi nyamuk lokal yang bisa menyebarkan Zika. Nyamuk-nyamuk ini diinfeksi dengan bakteri Wolbachia dan dilepas di 2-3 tempat percobaan di Guangdong.

Tim ini menggunakan cara yang sama tahun lalu dan berhasil menurunkan populasi nyamuk hingga 90% sehingga mencegah merebaknya wabah demam berdarah. Para peneliti melepas nyamuk jantan yang tidak menggigit. Nyamuk jantan ini terinfeksi dengan bakter Wolbachia. Telur yang dibuahi dari nyamuk jantan ini tidak bisa menetas. Hal ini secara otomatis mengurangi populasi nyamuk.

Menurut laporan dari the National Health and Family Planning Commission di Cina, belum ada kasus Zika di negara itu hingga hari ini. Pada Kamis (18/2), badan ini memerintahkan dilakukannya pembasmian nyamuk besar-besaran.
Nyamuk-nyamuk Aedes aegypti ditemukan di Cina Selatan dan di beberapa wilayah di utara Cina.

Sumber: Times of India

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge