0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jungkat-Jungkit Ikuti Ajang Musik Internasional Ethno India 2016

dok.timlo.net/heru murdhani
Personel Jungkat-Jungkit (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo —  Duo Folkblues asal Kota Bengawan, Safina Tiara Nadisa (Adis) dan Said Abdullah yang tergabung dalam Jungkat-Jungkit akan membawa lagu-lagu daerah Indonesia ke kancah dunia. Band ini akan mengikuti ajang musik internasional Ethno India 2016. Mereka melenggang ke ajang dua tahunan itu setelah profil lagu Jungkat-Jungkit direspon positif pihak panitia Ethno India, pada akhir 2015 silam.

“Ceritanya saat itu kita ketemu seorang composer di acara Raag of Javadwipa di Bandung, saat itu dia memotivasi kita buat ikut ajang internasional ini,” ungkap Adis, kemarin.

Acara yang akan diselenggarakan di Ramnagar, Uttarakhand, India pada tanggal 4-14 Maret 2016 mendatang itu, adalah ajang tukar pikiran antara musisi-musisi muda dunia. Lebih bangga lagi, dua orang ini adalah perwakilan tunggal dari Indonesia yang mengikuti perhelatan akbar ini.

Adis menceritakan disana mereka akan tampil sebanyak dua kali. Penampilan ini tergolong luar biasa, karena setiap peserta diwajibkan untuk memakai baju adat negara masing-masing. Selain itu mereka juga wajib menyanyikan lagu rakyat (Folk Song) yang berasal dari negaranya.

“Untuk penampilan pertama kita akan pakai setelan Batik, dan yang kedua kita akan pakai Kebaya, dan Beskap. Sedangkan untuk lagu, kita akan bawakan lagu Tak Lelo Ledung, dan lagu Aceh. Rencananya kami juga akan membawakan lagu bengawan Solo,” ungkapnya.

Namun, bukannya tanpa halangan, Adis dan Said mengaku masih terkendala dana yang akan mereka pergunakan untuk berperan serta dalam acara itu. Karenanya mereka akan membuat mini konser dalam rangka penggalangan dana. Selain itu, mereka juga menjual marchendise untuk keberangkatan mereka ke India.

“Kita masih melakukan penggalangan dana untuk keberangkatan kami ke India, membeli tiket serta registrasi untuk acara itu. Kita sangat beruntung dapat mengikuti acara ini,” ungkap vokalis Jungkat-Jungkit, Safina Tiara Nadisa.

Meskipun acara tersebut berakhir pada tanggal 14 Maret, namun mereka tidak ingin terburu-buru untuk kembali ketanah air, karena mereka ingin mengikuti acara kebudayaan asli India Holi Festival.

“Disela-sela menunggu acara itu berlangsung, tentu saja kita tidak hanya diam, kita akan mencoba memperkenalkan kebudayaan Indonesia, contohnya mengajarkan lagu-lagu daerah Indonesia disana dan berkolaborasi dengan musisi India. Kita juga berencana membuat gigs kecil untuk bertukar pikiran dengan musisi India,” kata dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge