0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tradisi Panen Gratis untuk Warga Miskin

dok.timlo.net/nanin
Panen gratis di tanah kas desa Tawangsari bantu warga miskin cukupi kebutuhan pangan (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Ratusan warga Desa Tawangsari, Teras, Boyolali memanen padi di lahan pertanian kas desa seluas 4 hektar. Hasil panen tersebut nantinya bisa dibawa pulang warga dengan gratis. Tradisi panen gratis bagi warga miskin ini untuk kedua kalinya digelar.

“Ya seneng, nanti dimakan sendiri,berasnya juga wangi,” ujar Juminten, salah satu warga Tawangsari, Kamis (18/2).

Bagi Juminten dan warga lainnya, panen gratis ini sangat membantu mereka memenuhi kebutuhan pangan. Apalagi, harga beras sesuai jenis yang dipanen, pandanwangi, tidak terjangkau oleh mereka. Dimana satu kilogramnya mencapai Rp 12 ribu.

“Kalau beli tidak mampu,biasanya makan yang harganya Rp 10 ribu saja,” tambah Sarijem.

Tahun lalu, warga bisa membawa 17 Kg gabah kering. Untuk panen kali ini, warga mengaku berapapun yang akan diberikan akan diterima.

“Nanti hasinya dibagi dengan jumlah warga yang datang memanen, juga kita bagikan ke warga miskin lain yang tidak bisa ikut panen,” jelas Kades Tawangsari, Yayuk Tutik Supriyati.

Dijelaskan juga, saat ini masih ada 30 persen warganya yang masuk dalam kategori keluarga miskin. Kebanyakan diantaranya adalah kaum lansia yang sudah tidak bekerja. Yayuk berharap kegiatan ini bisa lebih meningkatkan kesejehteraan warganya. Diakui, banyak warganya yang bekerja sebagai buruh tani.

“Setidaknya mereka bisa merasakan panen untuk diri mereka sendiri,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge