0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hari Sampah, Ini Agenda Kegiatan Relawan Klaten

dok.timlo.net/aditya wijaya
Petugas kebersihan DPU ESDM Klaten membersihkan sampah yang disebar warga di ruas Jalan Pedan - Trucuk (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten —  Memperingati Hari Sampah Nasional, aktivis pecinta lingkungan di Kabupaten Klaten bakal menggelar aksi Gerakan Moral Peduli Sampah, Minggu (21/2) mendatang.

“‘Kami melaporkan rencana kegiatan Hari Sampah yang akan melibatkan 300-400 personel dari Sekolah Adi Wiyata, pegiat Bank Sampah, dan 40 kelompok relawan,” kata perwakilan relawan, Eko Warno, Kamis (18/2).

Diterangkan, kegiatan tersebut akan diawali apel pagi di halaman Pemkab Klaten sekitar pukul 06.30 WIB. Hal itu ia sampaikan usai menjelaskan Gerakan Moral Peduli Sampah kepada Sekda Klaten Jaka Sawaldi.

Setelah apel, relawan akan bergerak membersihkan sampah di tiga lokasi, yakni di arena Car Free Day (CFD), Pasar Kota Klaten dan sekitar Sungai Sobrah di Kelurahan Buntalan, Klaten Tengah,” terang Eko yang berasal dari Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Muhammadiyah Klaten.

Dalam pertemuan di ruang Sekda itu, hadir juga  Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Klaten, Bambang Sugiyantoro; Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan ESDM Klaten, Pramana Agus Widjanarka; dan Arif Fuad Hidayah dari Pusdalops BPBD Klaten.

Sedangkan Jaka Sawaldi menginstruksikan, untuk menghilangkan tumpukan sampah, agar disiapkan armada angkut dan karung untuk mengangkut sampah dari Sungai Sobrah ke TPA.

‘’Gerakan Moral Peduli Sampah merupakan rangkaian kegiatan dari Gerakan Kali Bersih yang telah dicanangkan, 13 Februari 2016 lalu. Nantinya, gerakan ini akan diperluas sampai ke desa-desa melibatkan anggota PKK yang mempunyai 10 Program Pokok PKK,’’ ujar dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge