0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Daftar Rekor MURI Klaten, Unyeng-Unyeng hingga Duo Sri

MURI menganugerahkan penghargaan kepada Sri Hartini-Sri Mulyani sebagai perempuan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Pertama dalam Pilkada langsung (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten —┬áMuseum Rekor Dunia Indonesia (MURI) menganugerahkan penghargaan kepada Sri Hartini-Sri Mulyani sebagai Perempuan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Pertama dalam Pilkada langsung. Penghargaan tersebut diberikan saat serah terima jabatan dari penjabat (Pj) Bupati Jaka Sawaldi, kepada bupati terpilih di Pendopo Pemkab Klaten, Kamis (18/2).

“Klaten adalah kabupaten yang pertama kali dipimpin pasangan perempuan. Prestasi kepada Bu Sri Hartini dan Sri Mulyani ini resmi tercatat di MURI sebagai rekor ke 7318,” kata perwakilan MURI, Sri Widayati.

Dijelaskan, MURI didirikan pada 1990 oleh Jaya Suprana yang merupakan Lembaga Pencatat Rekor Pertama di Indonesia. Tujuannya untuk menghimpun data demi menegakkan pilar-pilar kebanggaan nasional bangsa Indonesia. Sehingga bangsa Indonesia lebih mampu dan lebih mau menghargai karsa dan karya bukan bangsa asing namun bangsa Indonesia sendiri.

Namun demikian, penghargaan Perempuan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Pertama dalam Pilkada langsung tersebut bukan yang pertama kali diberikan MURI. Berikut daftar rekor yang diberikan kepada Kabupaten Klaten yang dihimpun dari data MURI:

1. Museum Gula Gondang Winangoen dengan koleksi Lokomotif tertua di Indonesia dibuat Backer dan Rubb Prada Nederland pada 1889.

2. Sugeng Wiyono, pria asal Klaten tercatat sebagai pemilik unyeng-unyeng terbanyak sebanyak 11 unyeng-unyeng.

3. Sunarna sebagai Bupati Klaten termuda usia 32 tahun 2 bulan pada 25 November 2005 juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Termuda. Pemkab Klaten dalam rangka syukuran pembangunan rumah tahan gempa menyajikan 4001 tumpeng.

4. Klaten adalah satu-satunya wilayah Kabupaten yang memiliki Rumah Sakit Umum Pemerintah (RSUP) milik Departemen Kesehatan Pusat yaitu RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten.

5. Di RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro Klaten juga pernah mengadakan pemeriksaan gula darah dengan peserta terbanyak 2.435 orang pada 22 Desember 2007.

6. Grup band Pijar SLB A Yaat Klaten adalah grup band tunanetra termuda usia 6-12 tahun.

7. Paguyuban Scooter Klaten bekerjasama dengan Ikatan Vespa Indonesia dan Pemkab Klaten membuat Cangkul Terbesar 7×5 meter pada 28 Maret 2010.

8. Polres Klaten pada 10 Desember 2012 melakukan kunjungan Polisi ke Masyarakat dalam waktu empat bulan.

9. SMKN 2 Klaten pada 8 Mei 2013 membuat Logo PMI terbesar berbahan dasar botol air mineral.

10. White car Indonesia emilih Kabupaten Klaten sebagai tempat untuk Konvoi Mobil warna sejenis dari Provinsi dan plat nomer terbanyak

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge