0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gudang dan Peralatan BPBD Solo Dinilai Kurang Layak

Ketua Komisi IV DPRD Solo, Hartanti (timlo.net)

Solo — Gudang dan ruang penyimpanan yang dimiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo dinilai sangat memprihatinkan. Selain sempit, sarana peralatan yang berada di markas BPBD yang terletak disebelah utara Lapangan Kota Barat itu juga terkesan acak-acakan.

“Alat-alatnya terkesan gletak gletek. Jadi terkesan kurang layak,” kata Ketua Komisi IV DPRD Solo, Hartanti, Kamis (18/2).

Pantauan di lapangan, kata politikus PDIP tersebut, menunjukkan ruang yang dimiliki BPBD Solo tidak cukup untuk menampung seluruh peralatan yang dimiliki. Selain itu masih menjadi satunya BPBD dengan pemadam kebakaran juga menambah kesan semrawut penyimpanan alat penanggulangan bencana.

Padahal masyarakat masih sangat ingat ketika Kota Solo ditunjuk sebagai tuan rumah Bulan Penanggulangan Bencana tingkat nasional. Terlebih Solo juga menjadi salah satu kota yang memiliki tingkat kerawanan bencana yang relatif tinggi, khususnya banjir. Pihaknya meminta kepada Pemkot untuk memberikan perhatian lebih terkait kelayakan kantor dan gudang BPBD.

“Tempatnya sempit, jadi tidak nampung ketika peralatan bencana semuanya diletakkan di sini,” tandas Hartanti.

Tak hanya itu, Komisi IV DPRD Solo juga mencatat masih banyak kekurangan dari sisi peralatan. Misal perahu karet, filter petugas kebakaran, helm serta sepatu pengaman.

Menurutnya, kepala dinas terkait sudah diberikan waktu untuk menyusun anggaran yang diperlukan khususnya BPBD di tahun 2016 ini. Namun nyatanya tidak ada anggaran khusus yang diprioritaskan bagi BPBD. Ia berharap BPBD segera menyusun daftar kebutuhan untuk penanggulangan bencana tersebut. Jika memungkinkan kebutuhan anggaran untuk BPBD akan disusun dalam APBD Perubahan 2016.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge