0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Disandera, Rumah Sakit Di Hollywood Bayar Uang Tebusan Rp 228 Juta

Dok: Timlo.net/ BBC.
Hollywood Presbyterian Medical Center (Dok: Timlo.net/ BBC.)

Timlo.net— Rumah sakit Hollywood Presbyterian Medical Center membayar uang tebusan $17.000 (Rp 228 juta) dalam bentuk bitcoin kepada seorang hacker yang menyandera sistem komputer rumah sakit itu. Mereka baru akan memperoleh akses ke sistem komputer begitu uang tebusan dibayar, kata kepala eksekutif rumah sakit.

Serangan cyber terhadap Hollywood Presbyterian terjadi pada 5 Februari saat hacker menggunakan infeksi malware untuk menyerang sistem komputer. Hal ini membuat staf rumah sakit tidak bisa menggunakan komputer, kata CEO Rumah Sakit Allen Stefanek. Dengan bantuan para ahli, rumah sakit berhasil mengembalikan sistem catatan medis, Senin (15/2).

Sang hacker meminta uang tebusan 40 bitcoin atau setara dengan $17.000 (Rp 228 juta). “Malware mengunci sistem komputer dengan mengenkripsi file-file dan meminta tebusan untuk memperoleh kunci dekripsi. Cara paling efisien dan cepat untuk mengembalikan sistem dan fungsi administratif adalah membayar uang tebusan dan memperoleh kunci deskripsi,” kata Stefanek.

“Dengan niat untuk mengembalikan sistem komputer, kami melakukan hal ini,” tambahnya.

Rumah sakit itu berkata jika mereka sudah melaporkan masalah ini ke pihak berwenang dan berhasil mengembalikan sistem komputer pada hari Senin dengan bantuan ahli-ahli teknologi. Stefanek berkata jika perawatan pasien tidak terganggu selama insiden ini.

Laura Eimiller, seorang juru bicara FBI berkata mereka sudah mengambil alih penyelidikan terkait hacking ini tapi menolak memberikan penjelasan rinci terkait kasus ini. Pihak penegak hukum berkata jika rumah sakit membayar tebusan sebelum meminta bantuan penegak hukum.

Sumber: LA Times

 

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge